Ekonomi

Pembangunan PLTU Baru Tak Lagi Menjadi Opsi

INDOPOSCO.ID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan, pembangunan PLTU batu bara tak lagi menjadi opsi mengingat arah kebijakan energi nasional saat ini adalah transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan yang lebih bersih, minim emisi, dan ramah lingkungan.

“Pembangunan PLTU yang baru tidak lagi menjadi opsi kecuali yang saat ini sudah committed dan dalam tahap konstruksi. Hal ini juga untuk membuka peluang dan ruang cukup besar untuk pengembangan energi baru terbarukan,” ujarnya dalam sebuah webinar yang dipantau di Jakarta, Selasa (5/10), seperti dikutip dari Antara.

Menteri Arifin menjelaskan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik atau RUPTL 2021- 2030 milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN yang baru saja disahkan pada 28 September lalu, proyeksi penambahan kapasitas pembangkit energi fosil dalam 10 tahun ke depan hanya sebesar 19,6 gigawatt atau 48, 4 persen.

Berita Terkait

Sementara itu rencana tambahan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan justru lebih besar mencapai 20, 9 gigawatt atau sekitar 51,6 persen.

Dalam percepatan penambahan pembangkit sebesar 40,6 gigawatt selama satu dekade ke depan, pemerintah akan membuka peran perusahaan listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) untuk pengembangan pembangkit berbasis energi baru terbarukan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button