• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Wanita Indonesia.Co Gelar Pelatihan UMKM, Langkah Mudah Berjualan Online di Era Digital

Folber Siallagan by Folber Siallagan
Kamis, 5 Juni 2025 - 13:15
in Ekonomi
Pelatihan-UMKM

Pelatihan UMKM, Era Digital, Wanita Indonesia.Co, Berjualan Online

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Lebih dari 200 pelaku UMKM dari berbagai wilayah Jabodetabek berkumpul di Swiss-Belresidences Kalibata, Jakarta, pada Minggu (1/6/2025), untuk mengikuti pelatihan bertajuk “Langkah Mudah Berjualan Online untuk Pemula di Era Digital”. Acara ini digelar oleh Wanita Indonesia Co bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Digital Touch Point (Adsqoo), BisnisBekasi.id, dan Dompet Dhuafa.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Komisaris Wanita Indonesia Co, Fathul Jamil, dan menghadirkan empat pembicara dari lintas sektor digital dan sosial, yakni Renaldy (Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Kecil, Kementerian UMKM), Cariban (Manager Digital Touch Point/Adsqoo), Fariz Dhana (CEO Bisnisbekasi.id), dan Imam Alfaruq (Wakil Ketua Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa).

Dalam paparannya, Renaldy menyampaikan bahwa saat ini Indonesia memiliki lebih dari 30 juta pelaku UMKM, di mana 64,5% di antaranya adalah perempuan. “Ini menegaskan bahwa perempuan berperan penting dalam dunia bisnis di Indonesia. Bahkan, mereka menciptakan peluang kerja sendiri,” ujarnya.

Renaldy menambahkan, pertumbuhan ekonomi digital menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. “Tahun 2022 ada 21 juta pengguna platform digital, dan diproyeksikan mencapai 25 juta di tahun 2025, dengan estimasi nilai ekonomi digital sebesar USD 82 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, Cariban dari Adsqoo membagikan pentingnya pelaku UMKM untuk mengenali potensi digital marketing. “Kita harus berani mencoba. Jangan hanya fokus ke produk, tapi lihat juga apakah bisnis ini ada cuannya atau tidak,” ujarnya.

Cariban juga memaparkan bahwa MD Media, anak usaha Telkom, meski belum masuk jajaran 10 besar agensi digital Indonesia, telah menangani berbagai klien besar seperti BCA, Superindo, dan KAI, dengan layanan KOL management dan penyebaran iklan digital ke seluruh Indonesia.

Imam Alfaruq dari Dompet Dhuafa turut mengajak para pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam gerakan sosial saat momen Idul Adha. Ia menjelaskan bagaimana donasi kurban bisa mendukung perekonomian peternak hewan lokal. “Kami juga menyediakan sistem pelaporan digital, baik softcopy maupun hardcopy, untuk memastikan transparansi bagi para pekurban,” ujarnya.

Pembicara terakhir, Fariz Dhana dari BisnisBekasi.id, tampil membawakan sesi yang ditujukan langsung kepada para ibu pelaku UMKM. Ia mengajak peserta untuk mulai mengadopsi platform digital secara bertahap dan sederhana.

“Saya mendorong peserta memulai dari yang paling mudah, seperti membuka toko di Shopee, TikTok, hingga memanfaatkan Google Bisnisku. Jangan takut bersaing, yang penting kita bisa menaikkan nilai produk,” ungkap Fariz.

Fariz juga menekankan pentingnya menciptakan ekosistem sendiri: memperbaiki kemasan, memberi layanan personal, hingga memperluas jangkauan melalui berbagai platform.

Acara pelatihan ini didukung oleh berbagai sponsor dan mitra seperti L’Oréal Indonesia, Sharp, FIF Group, MD Media, PT Permodalan Nasional Madani, JIEP, Aqua, Bank DKI, GoWet, Kokola, Some By Mi, Hotel Ogaka, Ancol, Natural Honey, Frisian Flag, Sasa, Madu Enak, Shine-U, dan Amway. (ibs)

Tags: Berjualan OnlineEra DigitalPelatihan UMKMWanita Indonesia.Co
Previous Post

Kejati Bengkulu Tetapkan Satu Tersangka Baru Kasus Mega Mall

Next Post

Pertamina Drilling Kembangkan Alat Pemeriksaan Internal Tubular, Bisa Pangkas Waktu Pemeriksaan 25 Menit

Related Posts

PHM
Ekonomi

Utamakan Penggunaaan Produk Dalam Negeri, PHM Raih Penghargaan Subroto 2025

Sabtu, 1 November 2025 - 10:49
WhatsApp Image 2025-11-01 at 09.51.20
Ekonomi

Harita Nickel Tumbuh Konsisten dengan Komitmen Keberlanjutan yang Kuat

Sabtu, 1 November 2025 - 10:15
WhatsApp Image 2025-11-01 at 09.26.10
Ekonomi

Elnusa Catat Pendapatan Rp10,5 Triliun hingga Kuartal III 2025

Sabtu, 1 November 2025 - 09:35
pgn
Ekonomi

PGN Tampilkan Ekosistem dan Inovasi DEB Balkondes Karangrejo Borobudur ke Pasar Eropa

Sabtu, 1 November 2025 - 09:08
BCA Syariah
Ekonomi

BCA Syariah Gandeng Jurnalis Dorong Ekonomi Keberlanjutan Berbasis Nilai Syariah

Sabtu, 1 November 2025 - 08:47
stand
Ekonomi

Menteri UMKM Tegaskan Pentingnya Memperluas Pola Kemitraan Usaha Melalui Franchise

Jumat, 31 Oktober 2025 - 21:52
Next Post
Pertamina Drilling

Pertamina Drilling Kembangkan Alat Pemeriksaan Internal Tubular, Bisa Pangkas Waktu Pemeriksaan 25 Menit

BERITA POPULER

  • expo

    Expo Kemandirian Pesantren Meriahkan MQK Internasional 2025 di Wajo

    1170 shares
    Share 468 Tweet 293
  • Menag Soroti Dampak Perang dan Kerusakan Iklim di Pembukaan MQK Internasional

    869 shares
    Share 348 Tweet 217
  • Ampas Teh

    714 shares
    Share 286 Tweet 179
  • PPK BPJN Banten Bantah Pekerjaan Ruas Jalan Nasional Bayah Cibareno Mangkrak, Ini Alasannya

    668 shares
    Share 267 Tweet 167
  • Presiden Prabowo Pulang Lebih Cepat dari KTT ASEAN karena Hal Mendesak

    662 shares
    Share 265 Tweet 166
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.