Internasional

RI Tolak Pemimpin Junta Myanmar Ikut KTT ASEAN

INDOPOSCO.ID – Indonesia, Malaysia, dan Singapura, telah memperlihatkan tanda-tanda bahwa mereka tidak ingin pemimpin junta Myanmar Ming Aung Hlaing mengikuti KTT ASEAN pada 26-28 Oktober, kata tiga sumber Reuters.

Namun, mereka berupaya agar posisi itu disepakati oleh sembilan negara ASEAN, kata ketiga sumber itu.

Myanmar adalah anggota ke-10 ASEAN.

Berita Terkait

Para menteri luar negeri negara-negara ASEAN pada Jumat (15/10) akan membahas kemungkinan untuk tidak melibatkan Min Aung Hlaing sebagai peserta pertemuan para pemimmpin ASEAN tersebut, bagi sumber-sumber Reuters.

Menteri Luar Negeri Filipina Teodor Locsin pada Kamis menyatakan dukungan agar Min Aung Hlaing tidak disertakan pada pertemuan- pertemuan puncak pada masa depan.

Ia meningkatkan bahwa ASEAN sudah tidak bisa mengambil tindakan netral pertanyaan Myanmar.
“Kami bisa tetap menjaga jarak dengan mereka (Myanmar)… tapi kalau kami mengalah dengan cara apa pun, kredibilitas kami sebagai organisasi kawasan yang sebenarnya akan hilang,” ujar Locsin dalam wawancara dengan lembaga kajian Australia, Lowy Institute.

Kemungkinan KTT ASEAN tanpa kedatangan junta Myanmar muncul pada saat tekanan meningkat kepada tentara yang berkuasa di negara itu agar mereka mematuhi peta perdamaian yang sudah disepakati.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button