Nusantara

Gawat, Ada 322 Dusun di Madura Alami Kekeringan

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 322 dusun di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur mengalami kekeringan pada musim kemarau kali ini.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Amin Jabir di Pamekasan, Sabtu ke-322 dusun yang mengalami kekeringan tersebar di 72 desa di sembilan kecamatan.

“Kami telah menggerakkan tim untuk menangani kekeringan di Pamekasan pada kemarau kali ini dan meluncurkan program khusus yang diberi nama ‘Besti Berdering/ Bersama Bupati Bereskan Desa Kering’,” ucapnya.

Berita Terkait

Menurut dia, kekeringan yang terjadi di Pamekasan terdiri dari kekeringan kritis dan kekeringan langka.

Kering kritis terjadi akibat pemenuhan air di dusun mencapai 10 liter lebih per orang per hari. Jarak yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan ketersediaan air bersih sejauh 3 kilometer bahkan lebih.

Sementara yang dimaksud dengan kering langka, kebutuhan air di dusun itu di bawah 10 liter saja per orang, per hari. Jarak tempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat, sekitar 0,5 kilometer hingga 3 kilometer.

“Per hari ini, pendistribusian bantuan air bersih ke 322 dusun di 72 desa yang tersebar di sembilan kecamatan kami lakukan,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button