Nusantara

Kisah Penyelundupan Sabu-Sabu via Soto Ayam di Lapas Madiun, Kok Bisa?

INDOPOSCO.ID – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas II A Madiun, Jawa Timur (Jatim) menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam lapas setempat melalui makanan soto dari seorang pengunjung.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Zaeroji mengatakan bahwa aksi penyelundupan tersebut diketahui petugas penitipan barang di Lapas Pemuda Madiun saat memeriksa barang bawaan seorang pengunjung wanita berinisial P, warga Nganjuk, Jatim.

“P mengaku hendak menitipkan soto ayam beserta makanan lain kepada anaknya yang sedang menjalani program pembinaan di Lapas Pemuda Madiun,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Madiun, Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga : Lapas Narkotika DKI Tingkatkan Kapasitas SDM Terkait Kejahatan Siber

Menurut dia, kejadian bermula ketika petugas memeriksa barang dan makanan di loket pemeriksaan. Sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku, petugas menggeledah seluruh barang yang dititipkan untuk warga binaan yang hendak dikunjungi.

“Petugas curiga ketika mulai menggunting salah satu leher ayam yang ada di dalam makanan soto yang dibawa P,” kata Zaeroji.

Leher ayam itu terlihat lebih besar dari ukuran normal, yakni lebih menggelembung. Saat digunting, lanjut Zaeroji, petugas kesulitan karena seperti ada benda yang mengganjal di dalamnya. Petugas lalu membongkar leher ayam tersebut. “Ada tiga bungkusan plastik hitam yang diselundupkan dalam tiga leher ayam yang berbeda,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button