Nusantara

Hujan Diprakirakan Landa Mayoritas Kota di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan melanda mayoritas kota besar di Indonesia pada Selasa (21/6).

Dalam informasi yang dipaparkan Info BMKG diikuti secara daring di Jakarta, dijelaskan fenomena atmosfer yang berpengaruh pada kondisi cuaca adalah adanya daerah sirkulasi yang terbentuk di Selat Karimata di sebelah barat Kalimantan Barat, yang menyebabkan terbentuknya perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, yang memanjang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau ada di wilayah Aceh hingga perairan barat Aceh, di wilayah Sumatera Barat hingga Riau, di Bangka Belitung hingga Kepulauan Riau, di Sulawesi bagian tengah dan juga di Maluku.

Baca Juga : Waspada Hujan Petir di Dua Wilayah DKI Selasa Siang dan Sore

Fenomena atmosfer lainnya adalah adanya pertemuan angin atau konfluensi yang terbentuk di wilayah laut Jawa, di Sulawesi Tenggara, di Maluku bagian Selatan, di Laut Banda, di Laut Arafuru dan juga di Papua bagian selatan.

Kondisi kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, konvergensi dan juga konfluensi, dilansir Antara.

Sehingga, dari wilayah Sumatera, di Banda Aceh, Medan dan Padang serta Tanjungpinang dan juga Palembang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button