Nusantara

Calon Haji asal Nganjuk Tertunda ke Tanah Suci karena Hamil 8 Bulan

INDOPOSCO.ID – Seorang calon haji asal Kabupaten Nganjuk harus tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena diketahui sedang hamil yang usia kandungannya sudah mencapai delapan bulan.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Husnul Maram menjelaskan, keputusan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan urine untuk wanita usia subur yang dilakukan oleh petugas kesehatan saat kedatangan jamaah calon haji kelompok terbang 10 pada Jumat (10/6).

“Setelah dilakukan pemeriksaan kehamilan oleh tim kesehatan, diketahui Ibu S usia 35 tahun asal Nganjuk ini usia kehamilannya delapan minggu,” ujarnya saat memantau kedatangan JCH kloter 12 yang masuk Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sabtu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jamaah Haji bahwa wanita hamil yang diprediksi usia kehamilannya pada saat keberangkatan kurang dari 14 minggu atau lebih dari 26 minggu ditetapkan tidak memenuhi istithaah kesehatan.

“Karena tidak memenuhi istithaah kesehatan jamaah haji, maka ditunda keberangkatannya untuk tahun ini,” kata Husnul Maram.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur itu menyampaikan, awalnya calon haji yang hamil tersebut akan berangkat haji bersama sang suami.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button