Nusantara

Komitmen Tingkatan Literasi Digital, XL Axiata Jangkau Sebagian Besar Kecamatan di Sulawesi Tenggara

INDOPOSCO.ID – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendukung visi pemerintah dalam percepatan sekaligus pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia.

Khusus di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam kurun waktu setahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan 4G, berupa lebih dari 16 BTS 4G, hingga ke wilayah pelosok-pelosok pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau. Dari total kecamatan yang ada di provinsi tersebut, 48 % di antaranya atau 107 kecamatan, dengan total sekitar 1.200 desa telah terlayani jaringan 4G. Inisiatif tersebut merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata mendukung upaya pemerintah Membangun Indonesia Digital.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, “Trafik data di seluruh Sultra meningkat hingga 59% dalam satu tahun terakhir. Karena itu, kami harus terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan, maupun untuk perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar. Seiring dengan pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat.”

Dodik menambahkan keberadaan jaringan 4G di desa/kelurahan di Sultra ini juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan. Tersedianya jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital.

Baca Juga : Axiata dan XL Axiata Lakukan Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat untuk Mengambilalih 66,03% Saham Link Net

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Hingga saat ini jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 943 km dan mencakup sekitar 64% BTS. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 295 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir di dalam bayang-bayang pandemi, trafik data XL Axiata di Sultra tetap mengalami peningkatan sekitar 12%, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Muna.

Di seluruh Sultra, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kota Kendari, yaitu 98 BTS 4G. Kemudian diikuti wilayah Kabupaten Konawe, lebih dari 40 BTS 4G, dan Kabupaten Muna lebih dari 30 BTS 4G. Untuk area Kabupaten Konawe Selatan ada 27 BTS 4G, Kabupaten Bombana 23 BTS 4G, dan Kabupaten Kolaka dengan 21 BTS 4G.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button