Nusantara

Soal Data Vaksinasi, Pemkab Serang Minta Gunakan P-Care Faskes

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka menyelesaikan persoalan perbedaan data vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meminta semua pihak yang menyelenggarakan vaksinasi untuk menginput data menggunakan P-Care fasilitas kesehatan (faskes) Kabupaten Serang.

Sebagai informasi, P-Care atau Primary Care adalah sebuah aplikasi website milik BPJS Kesehatan yang digunakan untuk pendataan, registrasi, skrining, verifikasi sasaran, serta pencatatan vaksinasi Covid-19. Selain itu, penentuan lokasi, jadwal pelayanan, alokasi, dan monitoring logistik vaksin juga dapat dipantau dengan aplikasi P-Care.

Sampai saat ini di Kabupaten Serang terjadi perbedaan data capaian vaksinasi Covid-19 antara Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) berbasis Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan KPCPEN berbasis fasilitas kesehatan (faskes).

Baca Juga : Masa Pandemi, Ratu Tatu Chasanah: Angka Pengangguran di Kabupaten Serang Turun Jadi 10,58 Persen

Karena itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah telah melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait persoalan perbedaan data vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang.

Kepal Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, dr. Agus Sukmayadi, kepada Indoposco.id, Minggu (9/1/2022) mengatakan salah satu solusi yaitu semua penyenggara vaksinasi di wilayah Kabupaten Serang saat melakukan input data hasil pelayanan menggunakan P-Care faskes Kabupaten Serang.

“Perbedaan data capaian vaksinasi di Kabupaten Serang ini terjadi karena Polres Serang dan Kodim menggunakan P-Care di luar Kabupaten Serang saat input hasil vaksinasi,” kata Agus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button