Nusantara

Bea Cukai Banten Tambah Penerima Fasilitas Kepabeanan di 2021

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 yang merebak di berbagai belahan dunia memengaruhi berbagai sektor penting, termasuk ekonomi. Pemerintah pun turun tangan dengan melancarkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia. Mendukung hal ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten terus berkontribusi dengan secara kontinu memberikan fasilitas-fasilitas kepabeanan kepada perusahaan-perusahaan di wilayah pengawasannya. Fasilitas kepabeanan merupakan pemberian insentif oleh pemerintah, melalui Bea Cukai, berkaitan dengan kegiatan ekspor dan impor yang akan memberikan manfaat bagi perekonomian nasional.

Fasilitas kepabeanan yang diberikan Kanwil Bea Cukai Banten di antaranya ialah tempat penimbunan pabean (TPB) dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE). TPB merupakan bangunan, tempat, atau kawasan yang memenuhi persyaratan tertentu yang digunakan untuk menimbun, mengolah, memamerkan dan menyediakan barang untuk dijual dengan mendapatkan penangguhan bea masuk. Sedangkan KITE merupakan perlakuan kepada barang impor atau barang rakitan yang akan diekspor dan dapat diberikan keringanan bea masuk. Melalui fasilitas kepabeanan yang diberikan, Bea Cukai berkomitmen mendorong para pelaku usaha dalam meningkatkan hasil produksinya.

Selama tahun 2021, terdapat empat belas permohonan izin fasilitas TPB dan KITE yang diajukan oleh tiga belas perusahaan ke Kanwil Bea Cukai Banten. Dari semua permohonan tersebut, Kanwil Bea Cukai Banten telah memberikan persetujuan atas lima izin TPB, yang terdiri dari tiga kawasan berikat dan dua pusat logistik berikat dan tiga izin KITE, yang terdiri dari satu KITE pembebasan dan dua KITE pengembalian.

Baca Juga : Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Tanjung Perak Bersinergi dengan Kepolisian

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button