Nusantara

KKP Pastikan Hak Jaminan Sosial Awak KM Hentri I Terpenuhi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan lima awak kapal perikanan KM Hentri I, yang selamat dari kecelakaan laut di perairan Kepulauan Tanimbar, Maluku, terpenuhi hak dan jaminan sosialnya dengan mengevakuasi dan memulangkan mereka.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini dalam rilis di Jakarta, Minggu (26/9), mengatakan pihaknya akan memastikan semua yang menjadi hak awak kapal perikanan KM Hentri I terpenuhi, baik yang selamat maupun meninggal sebagaimana tercantum dalam perjanjian kerja laut serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Khusus untuk awak kapal perikanan KM Hentri I, yang meninggal dunia, pemilik kapal perikanan harus memastikan bahwa ahli waris atau keluarganya menerima santunan kematian dan jaminan sosial lainnya sesuai perundang-undangan,” ujarnya dikutip Antara.

Sebanyak lima awak kapal perikanan KM Hentri I, yang selamat dari kecelakaan laut di perairan Tanimbar telah tiba di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Banten, pada 25 September.

Mereka dinyatakan sehat serta diterima oleh tim dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap dan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP serta perwakilan pemerintah Kabupaten Sukabumi dan anggota Komisi IV DPR RI Daerah Pemilihan Kota/ Kabupaten Sukabumi Slamet.

Selanjutnya, kepulangan mereka ke Jakarta didampingi Kepala Pangkalan PSDKP Tual. Setelah itu, tim dari Ditjen Perikanan Tangkap mengantar mereka ke Kabupaten Sukabumi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button