Nusantara

Semen Padang Hospital Jadi Rumah Sakit Khusus Kecelakaan Kerja

INDOPOSCO.ID – Semen Padang Hospital (SPH) terpilih sebagai Rumah Sakit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang digandeng BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek untuk melayani pasien kecelakaan kerja.

Kepala Pemasaran, Humas dan Umum SPH Yosrida Risman menuturkan PLKK merupakan fasilitas pelayanan kesehatan berupa klinik, puskesmas, balai pengobatan, praktik dokter bersama, dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BP Jamsostek dalam memberikan pelayanan kesehatan pada kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja.

“Keberadaan PLKK secara administrasi dinilai memudahkan peserta. Mereka yang mengalami kecelakaan kerja tak perlu menunda berobat karena tak punya uang atau malah berobat ke pengobatan alternatif. Mereka dapat langsung menuju SPH untuk pengobatan,” kata Yusrida seperti dikutip Antara, Minggu (27/6/2021).

Akses PLKK merupakan manfaat jaminan kecelakaan kerja. Jaminan ini berbentuk uang tunai dan atau pelayanan kesehatan yang diberikan ketika karyawan mengalami kecelakaan kerja atau sakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Uang tersebut diberikan sebagai kompensasi dan rehabilitasi karyawan, setelah mendapat kecelakaan kerja mulai dari berangkat hingga pulang dari kantor atau tempat kerja. Uang tersebut berasal dari iuran atau premi yang dibayarkan oleh perusahaan dan dikelola oleh BP Jamsostek. Pencairan atau klaimnya juga akan dilayani oleh Badan Penyelenggara Jamsostek.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button