Nusantara

Manfaatkan Kawasan Berikat dari Bea Cukai Yogyakarta, Ekspor 9 Ton APD ke Belgia

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran. Salah satu fasilitas yang diberikan ialah kawasan berikat, yaitu tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean guna diolah atau digabungkan yang hasilnya terutama untuk diekspor. Fasilitas ini dinilai memungkinkan kinerja ekspor dapat meningkat karena industri yang ada di kawasan ini hanya berorientasi ekspor dengan segala keringanan fiskal agar berdaya saing.

Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di setiap daerah pun telah giat mengasistensi perusahaan-perusahaan kawasan berikat untuk dapat meningkatkan ekspornya, seperti Bea Cukai Yogyakarta yang melayani kegiatan ekspor PT Maesindo Indonesia, perusahaan penerima kawasan berikat di Yogyakarta.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang, pada Kamis (24/06) mengatakan pihaknya telah melayani ekspor sebanyak 9,5 ton alat pelindung diri (APD) ke Belgia pada 8 Juni 2021. Komoditi tersebut diangkut menggunakan kontainer berukuran empat puluh feet. Nilai ekspornya mencapai FOB 44.983,85 USD atau sekitar 650 juta rupiah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button