Nusantara

Jadi Mandor Proyek Borobudur, Ganjar Izin Trio Menteri

INDOPOSCO.ID – Trio menteri Joko Widodo berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (12/3/2021). Kedatangan mereka untuk membantu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mempercepat pengembangan kawasan Borobudur sebagai Bali Baru di Indonesia.

Trio menteri tersebut antara lain Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Selain itu, turut hadir pula Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo, jajaran dirjen dan deputi dari berbagai kementerian, termasuk kementerian.

Sejumlah titik lokasi kawasan Borobudur disembangi dalam kesempatan tersebut di antaranya peninjauan kampung seni Borobudur, Kembanglimus Community Center, gerbang Palbapang, kawasan Candi Pawon, Concource Candi Borobudur, serta kawasan relokasi pedagang di lapangan Kujo. Selepas itu, rombongan menggelar rapat terbatas di Hotel Manohara.

”Ini adalah tindak lanjut dari rapat terbatas (ratas) tahun lalu. Sekarang kami datang dan melihat beberapa sudah diekseksi dan sudah berjalan. Kami juga ingin memastikan semua proyek itu terintegrasi dengan baik,” kata Luhut dalam keterangannya, Jumat (12/3/2021).

Mantan Komandan Detaseman 81 Kopassandha itu menegaskan, penataan kawasan Borobudur semuanya harus menginduk pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud adalah pusat dari proyek itu agar semuanya tidak lepas dari unsur budaya dan historis.

”Jadi kalau ada penyesuaian, semua tidak boleh lepas dari Borobudur, agar semuanya sama dengan budaya Borobudur. Sehingga Unesco masih mengakui bahwa Borobudur adalah warisan dunia,” tegas Luhut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button