Nusantara

Primkokas akan Jual Aset untuk Kembalikan Dana Pensiunan PT KS

INDOPOSCO.ID – Manajemen Primer Koperasi Karyawan Krakatau Steel (Primkokas) berjanji akan menjual aset dan mengefisiensi operasional. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mengembalikan dana investasi milik 246 pensiunan PT KS senilai Rp 94 miliar.

Manajemen Primkokas bersama tim PT KS saat ini tengah mengaudit kasus investasi macet tersebut.

Ketua Primkokas, Syarif Rahman menyatakan dana investasi para pensiunan PT KS itu terdapat pada program “Simpanan Berjangka” atau “Si Jaka.”

“Program “Si Jaka” tersebut merupakan produk kepengurusan yang lama. Jadi memang kita tidak tahu, sebenarnya Si Jaka itu kan dari kepengurusan saya sudah tidak ada lagi, karena saya kan baru masuk ya, itu kepengurusan yang lama, namun kepengurusan saya ini akan mencoba mengembalikan itu semua. Saya masuk ke pengurusan ini tahun 2020, jadi baru satu tahun,” kata Syarif kepada wartawan di Kantor Primkokas, Kota Cilegon, Rabu (10/3/2021).

Syarif mengungkapkan dana investasi para pensiunan PT KS tersebut digunakan oleh kepengurusan sebelumnya diputar untuk bisnis. “Ya sebetulnya investasi itu kan dipakai bisnis yang saya tahu,” ujarnya.

Dana investasi para pensiunan PT KS itu tidak bisa dicairkan, kata Syarif, karena adanya rush money atau penarikan uang secara bersamaan sejak 2019. Rush money tersebut menyebabkan sistem terhenti sementara.

“Memang terjadi rush atau pengambilan secara bersamaan sejak 2019. Ini terjadi rush karena banyak yang ngambil uang karena kebutuhan buat sekolah dan segala macam. Ini susah diambil karena uangnya juga dipakai untuk bisnis,” katanya.

Syarif mengakui, data dan nominal investasi yang disampaikan para pensiunan PT KS tidak jauh berbeda dengan data yang dimiliki oleh pihaknya. “Data perkiraannya sebesar itu, tidak jauh berbeda, ya sekitar Rp94 miliar,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button