Ekonomi

Ratusan Pensiunan PT KS Tuntut Primkokas Cairkan Dana Rp94 Miliar

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 246 pensiunan PT Krakatau Steel (KS) menuntut Primer Koperasi Karyawan Krakatau Steel (Primkokas) untuk mencairkan dana yang telah mereka investasikan di koperasi tersebut dengan total Rp94 miliar.

Nilai investasi dari ratusan pensiunan karyawan PT KS ini bervariasi mulai dari Rp150 juta hingga Rp1,25 miliar. Mereka berinvestasi sejak tahun 2010 dan 2017. Para pensiunan ini menyimpan uang pensiunnya di koperasi milik PT KS ini karena iming-iming pembagian dividen dengan pola investasi.

Salah seorang pensiunan PT KS, Tahyar mengungkapkan program yang ditawarkan Primkokas bernama “Simpanan Berjangka” atau “Si Jaka.” Program “Si Jaka” itu menjanjikan nilai fee di atas rata-rata bunga bank. Dengan tawaran menggiurkan itu, akhirnya dirinya dan ratusan pensiunan PT KS lainnya tertarik.

“Saya mendaftar pada 2014, saya masukkan uang Rp105 juta untuk biaya sekolah. Ternyata di 2019 saya ada info di Primkokas terjadi rush atau penarikan uang,” katanya saat konferensi pers, di Cilegon, Selasa (9/3/2021).

Tahyar mengatakan, pada awal berinvestasi, para pensiunan perusahaan BUMN itu masih menikmati pembagian yang mencapai 8 persen dari nilai tabungan mereka. “Namun seiring berjalannya waktu, tepatnya pada April 2019, kami mulai merasakan tersendatnya pembagian dividen. Sialnya, uang tabungan kami tak bisa ditarik,” ujarnya.

Pensiunan PT KS lainnya, Anwar, mengatakan, sistem pembagian dividen dalam program investasi itu memiliki jangka waktu berbeda yakni antara 1 hingga 5 tahun tergantung kesepakatan Primkokas dan pensiunan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button