Nusantara

Barantan Manado Fasilitasi Ekspor 75 Ton Sabut Kelapa

INDOPOSCO.ID – Badan Karantina Pertanian (Barantan) Manado memfasilitasi eksportir Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara mengirimkan sebanyak 75 ton sabut kelapa (cocopeat) ke Korea Selatan.

“Sabut kelapa yang diekspor ke Korsel sebanyak 75 ton,” kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan Saragih seperti dilaporkan Antara, Minggu (7/2/2021).

Produk turunan komoditas kelapa yang dahulu dianggap limbah, kini berkat kejelian pelaku usaha di bidang agribisnis dapat menjelma menjadi komoditas yang bernilai. Tidak kurang dari 75 ton cocopeat atau sabut kelapa asal Sulut untuk pertama kalinya berangkat menuju Negeri Gingseng, Korea Selatan.

“Kami mengapresiasi hadirnya ragam komoditas ekspor baru ini dan siindoap mengawal dengan memberikan fasilitasi perkarantinaan untuk proses ekspornya,” kata Donni.

Menurut Donni, sebelum diberangkatkan melalui Pelabuhan Bitung, seluruh komoditas tersebut telah melewati serangkaian tindakan karantina tumbuhan. Hal ini sesuai dengan persyaratan negara tujuan, dan setelah dinyatakan sehat dan aman pihaknya menerbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan atau Phytosanitari Certificate (PC).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button