Survei Perpusnas, Kepuasan Pemustaka Alami Peningkatan
INDOPOSCO.ID – Hasil survei kepuasan masyarakat (SKM) yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap Perpusnas mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.
“Kepuasan pemustaka adalah salah satu tujuan utama yang harus dijadikan target. Dengan hasil ini kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai dan seluruh pihak yang terlibat dalam memberikan pelayanan prima kepada pemustaka,” kata Kepala Pusat Layanan Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas, Suhartoyo, dalam keterangan resmi di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (19/12/2024).
Suhartoyo mengatakan pada tahun 2024 hasil survei itu dirilis pada tanggal 16 Desember 2024 dengan tajuk ekspos kapustaka (kepuasan Pemustaka) secara daring.
Dimana pelaksanaannya dilakukan pada sejumlah 26 layanan dengan metode survei daring dan luring.
Total responden yang terlibat pada pelaksanaan SKM Perpusnas tahun 2024 adalah sejumlah 4.100 orang, dengan rincian sejumlah 846 responden pada tahap I, sebanyak 853 responden pada tahap II, 917 responden pada tahap III, serta 1.484 responden pada tahap IV.
Pada kegiatan ekspos tersebut disampaikan bahwa pada tahun 2024 secara agregat tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan Perpusnas berada pada skor 3,84 setara dengan kategori A atau sangat baik.
“Hasil pada tahun ini meningkat sejumlah 0,21 poin dari tahun sebelumnya,” ujar dia.
Peningkatan skor pada tahun 2024 menjadi yang tertinggi selama pelaksanaan pengukuran SKM dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. Peningkatan skor kepuasan secara agregat ini juga diikuti oleh skor kepuasan pada setiap 26 layanan.
Menurutnya, secara keseluruhan 26 layanan yang menjadi objek survei mendapatkan skor pada kategori A atau sangat baik.
Pembina ISIPII Ferli Elnumeri menambahkan amat penting untuk dikembangkan layanan satu pintu untuk memudahkan pemustaka dalam mengakses layanan yang berada di lantai atas atau yang berada di Perpustakaan Salemba.
Sehingga dapat meningkatkan tren positif terhadap kepuasan terhadap perpustakaan nasional.
Perpusnas melakukan survei kepuasan masyarakat (SKM) dalam rangka memenuhi mandat dari PERMENPANRB Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Di tahun 2024 Perpusnas RI bekerja sama dengan PT Indekstat Konsultan Indonesia sebagai pelaksana dalam melaksanakan SKM.
Pelaksanaan SKM dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan setiap triwulan, sehingga terdiri dari 4 tahap pelaksanaan.
Antara lain terdiri dari tahap I untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka pada periode bulan Januari-Maret, tahap II untuk periode April-Juni, tahap III untuk periode Juli-Agustus serta tahap IV untuk Oktober-Desember. (dam)