Nasional

Cegah TPPU dan TPPT, Ini Pesan Menkumham untuk Notaris

INDOPOSCO.ID – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menegaskan kepada semua Notaris untuk mematuhi komitmen dalam pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Menurutnya, hal ini mencerminkan keseriusan notaris dalam menjaga integritas, transparansi, dan kepatuhan hukum sesuai dengan rekomendasi Financial Action Task Force (FATF).

FATF adalah lembaga internasional yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendorong implementasi kebijakan untuk melawan pencucian uang dan pendanaan terorisme di seluruh dunia.

“Notaris perlu menyadari bahwa tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme dapat berdampak merusak pada stabilitas ekonomi, keamanan nasional, dan kesejahteraan masyarakat,” kata Yasonna dalam keterangannya, Selasa (9/7/20204)

Menurut dia, peran strategis notaris dalam tatanan hukum di Indonesia, terutama dalam interaksi masyarakat terkait hubungan keperdataan, menuntut penerapan prinsip mengenali pengguna jasa (PMPJ).

“Notaris juga harus mengenali pemilik manfaat (beneficial owner) dan melaporkan transaksi keuangan yang mencurigakan,” katanya.

Yasonna mengatakan, dalam rekomendasi FATF, notaris dievaluasi perannya sebagai garda terdepan dalam mencegah Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT).

Oleh karena itu, peningkatan efektivitas pembinaan dan pengawasan terhadap notaris sangat penting.

“Pengawasan ini krusial karena belakangan ini kita menerima banyak pengaduan dari masyarakat dan aparat penegak hukum terkait perilaku tidak profesional dan tidak bertanggung jawab dari sebagian oknum notaris dalam menjalankan tugasnya,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button