Nasional

Berkurban di Tengah Kesulitan Ekonomi

Kedua, program kurban juga memberikan rasa kebersamaan dan dukungan kepada para peternak. Peternak khusunya peternak mikro jarang mampu untuk memenuhi kebutuhan reguler akan konsumsi daging. Kemampuan mereka bertumpu pada harapan akan pemenuhan kebutuhan hari besar Iduladha, di mana ibadah kurban ditunaikan.

Rasa kebersamaan dan dukungan ini penting untuk kesejahteraan mental dan emosional para peternak mikro. Rasa memiliki dan terhubung dengan orang lain membantu meringankan beban dan kecemasan yang sering menyertai kemiskinan.

Jelaslah sudah akan dampak kurban terhadap kehidupan para peternak mikro yang sangat besar. Hal ini tidak hanya memberi mereka sarana untuk memperbaiki situasi ekonomi mereka, namun juga memberi mereka harapan dan martabat.

Ketika para peternak ini mampu menafkahi keluarganya dan berkontribusi pada komunitasnya, mereka akan bisa mendapatkan kembali rasa harga diri dan kepercayaan diri mereka.

Hal ini, pada gilirannya, berdampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional mereka, memungkinkan mereka menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih memuaskan.

Oleh karena itu, kita harus terus mendukung kurban dan upayanya untuk memberdayakan peternak mikro. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, termasuk berkomitmen untuk tetap menunaikan kurban tahun ini, menyumbangkan waktu dan keterampilan kita dalam mendampingi prosesinya, dan melakukan advokasi untuk pendanaan berkelanjutan dalam ekosistem kurban.

Dengan melakukan hal ini, kita dapat membantu memastikan bahwa para peternak mikro terus mendapatkan dukungan yang mereka perlukan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Akhirul kalam, berkurban tahun ini bukan hanya kewajiban moral tetapi juga kebutuhan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan para peternak mikro. Dengan berkurban, kita dapat membantu memberdayakan para peternak dan menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button