Nasional

Meski UKT Sudah Dibatalkan, Biaya Kuliah Negeri Masih Tetap Mahal

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menyesalkan masih ada beberapa Perguruan tinggi yang tetap menerapkan biaya perkuliahan tinggi atau mahal, meski aturan tentang uang kuliah tunggal (UKT) sudah dibatalkan pemerintah, salah satunya adalah untuk jurusan kedokteran.

“Perguruan tinggi negeri, walaupun kemarin sudah ada peraturan baru untuk membatalkan kenaikan UKT, ternyata masih banyak UKT yang harganya luar biasa sekali. Padahal, seingat saya, Presiden Jokowi dalam periode terkahir kemarin mengatakan ini eranya peningkatan kita akan fokus pada sumber daya manusia,” tuturnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Panitia Kerja (Panja) Pembiayaan Pendidikan di Gedung Nusantara, Jakarta, Senayan, Rabu (19/6/2024).

Ia menilai, dengan mahalnya biaya pendidikan tinggi itu dapat menghambat pencapaian target pemerintah dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi. Ia mengatakan pentingnya pemerintah dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia untuk menghadapi industri 5.0.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button