Nasional

Menkumham Minta Dualisme Kepengurusan Notaris Segera Diselesaikan

INDOPOSCO.ID – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly meminta dualisme kepengurusan organisasi notaris yang kini sedang terjadi di Indonesia bisa segera diselesaikan karena telah menimbulkan gejolak di kalangan para notaris.

“Tolonglah berupaya berdamai. Tidak baik kalau sama-sama orang hebat tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri,” ujar Yasonna saat ditemui di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (6/6/2024).

Dia menyebutkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) selama ini sudah mencoba melakukan mediasi berbagai pihak yang berpolemik, namun masalah tersebut belum juga terselesaikan hingga kini.

Apabila masalah dualisme kepengurusan organisasi notaris tak kunjung terselesaikan, Yasonna membuka peluang untuk menggagas perubahan aturan mengenai organisasi notaris yang kini hanya satu di Indonesia, saat dirinya duduk di kursi Parlemen pada akhir tahun ini.

Dengan demikian, kata dia, organisasi notaris di Indonesia tak lagi tunggal sehingga bisa membuat para organisasi berkompetisi untuk mempertahankan dan membuat para anggotanya nyaman.

Hal tersebut, sambung dia, salah satunya terjadi pada aturan organisasi kedokteran yang kini sudah dibuka sehingga organisasi profesi tersebut tak lagi bersifat tunggal di Indonesia.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button