Ombudsman RI: Kualitas Pelayanan Publik di BPN DKI Jakarta Terbaik Nasional

INDOPOSCO.ID – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jakarta Raya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh Satker (Satuan Kerja) di jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta. Sebab, Kanwil BPN DKI berserta seluruh Kantor Pertanahan di bawahnya berhasil memborong piagam penghargaan sebagai zona hijau kualitas tertinggi dan tinggi sebagai predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022.
“Untuk standar kepatuhan pelayanan publik, jajaran Kanwil BPN DKI Jakarta juaranya. Bahkan, skornya di atas rata rata nasional,” terang Dedy Irsan, kepala Ombudsman Jakarta Raya kepada indopos.co.id usai menyerahkan piagam penghargaan kepada seluruh Kantor Pertanahan se-DKI Jakarta dan kepada Kanwil BPN DKI Jakarta, Kamis (13/4/2023).
Penyerahan piagam penghargaan dari Ombudsman tersebut bertempat di Aula Serba Guna Manahan Manurung Kanwil BPN DKI Jakarta yang dihadiri oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta Wartomo, para Kepala Bidang (Kabid) dan Kabag TU, serta sebagian Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi DKI Jakarta.
“Ombudsman RI sejak tahun 2014 telah melakukan penilaian kepatuhan terhadap penyelenggara pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta Kementerian dan Lembaga,” terang Dedy Irsan.
Mantan kepala Ombudsman Banten ini menjelaskan, penilaian ini bertujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan pelayanan publik dalam rangka mencegah terjadinya maladministrasi.
Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik pada tahun 2022 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia kepada 24 Kementerian, 15 Lembaga, 34 Provinsi, 98 Kota dan 416 Kabupaten.
Dedy yang didampingi Asisten Pencegahan Maladministrasi Ombudsmna Jakarta Raya Putu Dika Arlita mengatakan, penilaian dilakukan guna percepatan penilaian kualitas pelayanan publik dan sebagai pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.
Dari Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 lalu, didapatkan hasil bahwa seluruh Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan Zona Hijau dengan Predikat Kepatuhan Standar Kualitas Dalam Pelayanan Publik .
Nilai tertinggi diraih oleh Kantor Pertanahan Jakarta Pusat dengan nilai 89,6 dari skala 100, diikuti Kantor Pertanahan Jakarta Timur dengan nilai 87,99 kemudian Kantor Pertanahan Jakarta Utara pada nilai 86,93 lalu Kantor Pertanahan Jakarta Barat dengan perolehan nilai 86,22 dan Kantor Pertanahan Jakarta Selatan pada nilai 84,79.
“Dari hasil penilaian tersebut, seluruh Kantah di Provinsi DKI Jakarta masuk dalam zona hijau dengan kualitas tinggi. Hal ini merupakan capaian dan prestasi yang luar biasa didapat oleh seluruh Kantor Pertanahan dan Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta dan skornya diatas rata rata Nasional,” ujar Dedy.
Dalam kegiatan tersebut, Kepala Ombudsman Jakarta Raya Dedy Irsan menyerahkan langsung piagam penghargaan zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi kepada Kakanwil BPN Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Kantor Pertanahan dan Perwakilan dari Kantor Pertanahan yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.
Pada kesempatan tersebut, Dedy juga memberikan arahan terkait raihan prestasi ini agar dipertahankan, karena menurut Dedy mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya.”Kita berharap bahwa capaian yang telah diperoleh ini tetap dipertahankan, karena mempertahankan itu jauh lebih sulit daripada meraih” kata Dedy.
Sementara Kepala Kanwil BPN DKI Jakata Wartomo Ptnh.SH. MH menyambut dengan bangga atas pencapaian yang telah berhasil diraih oleh seluruh Satker di jajaran Kanwil BPN DKI Jakara, dan menyatakan akan berkomitmen mempertahankan prestasi ini.
“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak, Kanwil BPN Jakarta dan Kantah se-Provinsi DKI Jakarta bisa memperoleh predikat yang baik dan saya sangat bangga atas pencapaian ini,” ujar Wartomo
Mantan Kakanwil BPN Jambi ini berpesan kepada seluruh Satker atau Kantor Pertanahan se-DKI Jakarta, agar berusaha mempertahankan prestasi dan perolehan predikat tinggi dari Ombudsman yang sudah diraih tersebut. “Saya lihat hasilnya untuk jajaran Kanwil BPN Jakarta hasilnya sangat luar biasa, kualitas predikat tinggi,” cetusnya.
Wartomo menambahkan, keberhasilan yang sudah diraih oleh seluruh Satker di jajaran BPN DKI Jakarta dari Ombudsman ini, harus berbanding lurus dengan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam administrasi pertanahan dan tata ruang. (yas)