KemenPAN RB Siap Kembangkan Mal Pelayanan Publik Digital di Daerah-daerah
Mal Pelayanan Publik Digital

INDOPOSCO.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan pihaknya sedang mengembangkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital untuk membantu pelayanan publik di berbagai daera.
“Kemendagri, Kemenpan RB, dan daerah sekarang sedang menyelesaikan ini. Kalau minggu ini sudah beres simulasinya, (maka) bulan depan pilot projet ke sekitar 20 MPP. Seiring waktu akan bertambah tergantung kesiapan daerah,” kata Azwar seperti dikutip Antara, Senin (20/2/2023).
Dengan mempertimbangkan adanya aplikasi PeduliLindungi yang sudah mempunyai jutaan pengguna, Azwar mengatakan pembangunan MPP Digital sedang dikembangkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan mempertimbangkan aspek teknis dan strategis. Dengan membentuk MPP Digital, maka pelayanan publik di era teknologi akan makin mudah dan cepat.
Setelah MPP Digital siap, lanjutnya, pemerintah kabupaten dan kota tak perlu membuat aplikasi yang rumit. Dengan adanya gedung MPP di setiap kabupaten dan kota, maka akan tercipta kemudahan pelayanan bagi warga yang tidak memiliki perangkat elektronik. Selain itu, terdapat pula layanan bergerak atau mobile service ke daerah untuk melakukan “jemput bola”. Azwar Anas menyebutkan hingga kini Indonesia sudah memiliki 103 MPP di berbagai kabupaten dan kota.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik rencana pembentukan MPP Digital tersebut.
“Sehingga, gedung adalah gedung; (masyarakat) yang tidak bisa menggunakan digital silakan datang, yang bisa digital silakan gunakan aplikasi. Maka, seluruh layer (lapisan) masyarakat yang ada bisa dilayani,” kata Ganjar.
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan MPP Askara Bumi Sukowati Sragen, yang baru diresmikan, dibangun dengan menggunakan anggaran sebesar Rp19 miliar. Terdapat 40 instansi membuka pos pelayanan di MPP Sragen dengan terdapat 1.418 jenis layanan. Pelayanan di MPP Sragen per hari rata-rata melayani 400 orang dan sejak soft opening sudah melayani 21 ribu orang. (wib)