Nasional

Digitalisasi Jadi Pendorong untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

INDOPOSCO.IDDigitalisasi pemerintahan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bakal berujung ke peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah berusaha mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menyentuh banyak program, seperti digitalisasi pelayanan publik, penanggulangan kemiskinan, penurunan angka stunting, hingga peningkatan investasi.

Penerapan SPBE itu dijabarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023, yang digelar Kementerian Dalam Negeri di Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa (17/01).

Digitalisasi ini menjadi salah satu jalan kita untuk mepercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional yaitu menyejahterakan masyarakat Indonesia,” terang Anas.

Baca Juga : Reformasi Birokrasi Tematik Jadi Perhatian Presiden pada Rakornas Kepala Daerah

Teknologi digital menciptakan adanya bank data dan percepatan proses pelayanan. Salah satu produk utama birokrasi yang bisa diukur dan dirasakan langsung adalah pelayanan publik. Untuk itu, Anas meminta seluruh jajaran pemerintah daerah mengintegrasikan seluruh layanan milik kabupaten, kota, serta provinsi.

Menteri Anas dan jajarannya tengah mengakselerasi pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) digital di seluruh pemda. Layanan pada MPP Digital di setiap daerah dan pelayanan pemerintah pusat itu nantinya akan terintegrasi dengan Portal Pelayanan Publik yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Portal ini akan menggunakan Nomor Induk Kepegawaian (NIK) untuk masyarakat mendapatkan layanan. Sistem ini memungkinkan masyarakat hanya perlu satu kali sign in untuk mengakses banyak layanan. Menteri Anas pun ingin memastikan bahwa data masyarakat tetap aman.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button