Nasional

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Mahasiswa Didorong Aktif Lakukan Pengaduan Melalui SP4N-LAPOR!

INDOPOSCO.ID – Pengaduan pelayanan publik melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) terus digaungkan kepada berbagai unsur masyarakat, termasuk mahasiswa. Selain untuk menjaring partisipasi, suara mahasiswa yang kritis juga diperlukan demi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kali ini, LAPOR! Goes to Campus menyambangi Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dalam sambutannya, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menyampaikan saat ini pengguna aplikasi LAPOR! didominasi oleh generasi muda.

“Hal ini menunjukkan bahwa telah terdapat partisipasi aktif pemuda yang berperan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR! dan peran mahasiswa yang kritis dalam menyampaikan pendapatnya perlu terus didorong agar kualitas pelayanan publik dapat terus ditingkatkan,” ujar Diah dalam Dialog Publik LAPOR! Goes to Campus yang bekerja sama dengan UNMA, Jumat (9/12).

Berdasarkan data nasional Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N)-LAPOR!, masyarakat yang paling banyak melakukan pengaduan berada dalam rentang usia 20-34 tahun sebanyak 42 persen. Sedangkan, pengguna berusia dibawah 20 tahun menempati terbanyak kedua dengan 25 persen.

Hal ini juga dikarenakan proses pengaduan yang sangat mudah dilakukan. Masyarakat dapat mengadu melalui berbagai kanal yang tersedia, mulai dari laman lapor.go.id, SMS 1708, melalui media sosial Twitter @lapor1708, hingga aplikasi mobile yang telah tersedia di Android dan iOS.

Dihadapan para mahasiswa, Guru Besar Universitas Sriwijaya ini mengemukakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dirinya juga menyampaikan terdapat alasan mengapa partisipasi masyarakat melalui pengaduan menjadi penting dalam pelayanan publik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button