Nasional

Inovasi dan MPP, Strategi Kementerian PANRB Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

INDOPOSCO.ID – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) didorong untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan publiknya. Perbaikan tersebut dapat dilakukan dengan inovasi pelayanan publik serta menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) demi mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pemerintah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan terdapat strategi untuk menumbuhkembangkan inovasi dalam pelayanan publik. Salah satunya adalah terkait dengan lahirnya inovasi.

“Cetuskan program yang inovatif dengan menjalankan gerakan One Agency One Innovation. Wajibkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menciptakan inovasi. Jika Pak Gubernur berkomitmen untuk menciptakan inovasi, pasti nanti akan lahir banyak inovasi,” ungkap Anas dalam Pengarahan bagi ASN Provinsi NTT, di Kantor Gubernur NTT, Senin (3/10).

Baca Juga : Hari Antikorupsi Sedunia, Momentum Kuatkan Upaya Pemberantasan Korupsi

Disampaikan, program inovasi tersebut harus berangkat dari permasalahan yang ada. Sehingga inovasi yang dijalankan dapat menjadi solusi atas akses pelayanan publik oleh masyarakat.

Strategi kedua adalah dengan mereplikasi inovasi. Hal ini dilakukan jika merasa terkendala dalam menciptakan inovasi baru. Setiap tahunnya, Kementerian PANRB merangkum berbagai top inovasi milik instansi pemerintah. Inovasi yang sudah ada tersebut dapat dijadikan contoh, yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari yang akan mereplikasi.

“Kuncinya adalah ATM. Amati, tiru, dan modifikasi. Jadi, mereplikasi inovasi pelayanan publik itu tidak haram,” lanjut Anas.

Sedangkan strategi ketiga adalah perihal keberlanjutan inovasi yang dijalankan. Inovasi yang telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif harus dilembagakan, agar tidak rentan menghilang. Setelah inovasi lahir atau setelah mereplikasi inovasi, dilembagakan dengan mengeluarkan peraturan daerah agar inovasi tersebut dapat tetap berjalan, siapapun pemimpin daerahnya nanti.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button