Nasional

Menko Luhut Optimistis Digitalisasi Hilangkan Korupsi dan Inefisiensi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan digitalisasi yang tengah berkembang pesat di Indonesia diharapkan akan bisa menghilangkan korupsi dan mendorong efisiensi di berbagai bidang.

“Jadi negara ini kita buat supaya digitalized (terdigitalisasi), akan hilangkan korupsi, akan buat lebih efisien, penerimaan pajak akan lebih bagus, juga membuat anak-anak muda lebih banyak berkarya,” kata Menko Luhut Pandjaitan dalam FGD Investasi Kabel Bawah Laut di Indonesia yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Dalam paparannya, salah satu motor pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia adalah proyek kabel bawah laut. Kabel bawah laut ibarat jalan tol bagi internet untuk komunikasi dan membawa data digital dengan kecepatan transmisi yang sangat cepat.

Berita Terkait

Indonesia saat ini memiliki empat proyek kabel bawah laut yang sedang dan akan dibangun di perairan Indonesia yaitu Proyek Echo kerja sama Meta, Google, dan XL Axiata; Proyek Bifrost kerja sama Meta, Keppel Midgard dan Telin; Proyek Apricot kerja sama Meta, Keppel Midgard dan NTT; serta Proyek Sun Cable dengan total investasi mencapai Rp36,6 triliun.

Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) ITB menyatakan penerapan jaringan 5G melalui penyiapan infrastruktur kabel bawah laut di Indonesia berpotensi meningkatkan PDB secara kumulatif hingga 9,5 persen atau Rp2.874 triliun sepanjang 2021-2030.

Baca Juga: Ini Upaya Indonesia untuk Atasi Kesenjangan Digital

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button