Nasional

KemenKopUKM dan Dekranas Gandeng Yayasan PTI, Dukung Perluas Ekosistem Digital UMKM Disabilitas

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) mendukung perluasan ekosistem digital sebagai program pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) penyandang disabilitas.

KemenKopUKM menjalin kolaborasi tersebut dalam rangka mendorong terbentuknya ekosistem digital bagi kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebelumnya Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM telah terakselerasi dengan ekonomi digital pada 2024.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) Supomo dalam keterangan resminya, Selasa (6/9) menyatakan, pihaknya siap memberikan dukungan termasuk kolaborasi program bagi para pelaku UKM disabilitas. Ia mengatakan, pihaknya sangat berkepentingan untuk mendukung teman-teman pelaku ekonomi disabilitas agar bisa tumbuh dan berkembang.

“Kami siap bersinergi serta mendukung pembiayaan melalui badan hukum koperasi sesuai persyaratan yang ada,” ujarnya.

Hal tersebut juga berkenaan dengan agenda Dekranas bertemakan Cerita Kriya yang akan diselenggarakan di Bali pada 8 September 2022. Bali memang dipilih menjadi tempat untuk menggelar program pemberdayaan UMKM bagi penyandang disabilitas.

Selain merupakan destinasi favorit wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, Bali dianggap sebagai tempat yang tepat untuk memasarkan produk kriya UMKM. Harapannya, produk-produk kerajinan UMKM dapat bersaing di pasar lokal dan semakin dikenal luas secara global.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button