Nasional

Presiden Jokowi Tekankan Kesatuan ASEAN kepada Presiden Marcos Jr

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo menekankan sentralitas dan kesatuan ASEAN saat kunjungan kenegaraan Presiden Republik Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. di Istana Kepresidenan Bogor.

“Kami juga membahas kerja sama kawasan Bagaimana memperkokoh ASEAN dan implementasi dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Saya tekankan mengenai pentingnya memperkokoh sentralitas dan kesatuan ASEAN,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama di ruang teratai, Istana Kepresidenan Bogor, Senin (5/9), seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. beserta delegasi Filipina.

Berita Terkait

Sebelumnya, kedua kepala negara juga menyaksikan pertukaran Nota Kesepahaman( Mou) kedua negara di bidang diplomasi, pertahanan dan ekonomi kreatif.

“Indonesia ingin memastikan agar ASEAN terus menjadi lokomotif stabilitas perdamaian dan kemakmuran kawasan,” tambah Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, ASEAN harus mampu mengatasi berbagai tantangan ke depan dan memperkokoh penghormatan terhadap Piagam ASEAN.

“Dan untuk memperkuat sentralitas ASEAN saya menggarisbawahi pentingnya implementasi ASEAN Outlook on the Indo- Pasific melalui kerjasama yang konkret dan inklusif. Dalam konteks ini Indonesia akan mengadakan Indo- Pasific Infrastructure Forum di tahun depan,” tambah Presiden.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi komitmen Filipina untuk mendukung penuh keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button