Nasional

Peran Teknologi Informasi dalam Menyampaikan Inovasi

INDOPOSCO.ID – Komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan publik terbaik melalui penguatan inovasi terus dilakukan, tak terkecuali Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menyampaikan, teknologi informasi atau information technology (IT) menjadi salah satu alat dalam menyampaikan inovasi.

“IT merupakan salah satu tools untuk menyampaikan inovasi di era digital saat ini,” ujar Diah dalam Workshop Penguatan Keberlanjutan Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Jumat (2/9).

Diah mencontohkan dua inovasi yang memanfatkan IT, yaitu inovasi FishGo dari Pemerintah Kabupaten Badung, dan aplikasi Jakarta Kini (JAKI) ciptaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. FishGO adalah aplikasi teknologi penangkapan ikan berbasis teknologi navigasi dengan 3 fitur utama yaitu lokasi potensial daerah tangkapan ikan, waktu penangkapan terbaik, dan rute terbaik untuk melaut.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengembangkan aplikasi JAKI sebagai one-stop-service-solution. Aplikasi tunggal ini bermanfaat bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan layanan terintegrasi yang mudah, cepat, dan nyaman.

Namun inovasi tidak harus menggunakan teknologi. Provinsi Jawa Timur memiliki inovasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren (Eko Tren EKO–TREN). Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengembangkan EKO–TREN dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan usaha.

“Jadi, bukan seberapa canggih atau mahalnya teknologi, tetapi seberapa besar manfaat dampak inovasi kepada masyarakat,” ungkap Diah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button