Nasional

IPB Luncurkan Padi 9G dan Sorgum Sorice Lengkapi Pemenuhan Pangan

INDOPOSCO.ID – Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan padi 9G dan sorgum rice (sorice) untuk melengkapi kebutuhan pangan yang dapat ditanam di lahan kering dalam menghadapi keterbatasan sawah saat ini.

Rektor IPB Arif Satria dalam sambutannya pada saat peluncuran dua inovasi pangan itu di IICC Bogor, Jumat, mengatakan dengan varietas baru padi dan sorgum diharapkan dapat menjawab tantangan untuk terus bertahan bebas impor beras seperti yang telah berjalan selama dua tahun ini.

“Insya Allah IPB terus memproduksi berbagai varietas, padi IPB 3S Alhamdulillah sudah di 26 provinsi diterapkan dengan potensi produktivitas 12 ton per hektare, kemudian yang baru padi G9 9,9 ton per hektare potensinya itu, ada juga sorgum rice,” katanya.

Arif menyampaikan, dengan keterbatasan sawah di Indonesia, peningkatan produktivitas perlu dilakukan dengan cara lain, yakni memunculkan varietas baru yang bisa ditanam di lahan kering.

Selama ini, kata dia, yang paling susah dalam produksi pangan padi ialah varietas di lahan kering yang artinya airnya terbatas. Inovasi dua tim peneliti IPB yakni Dr Hajrial Aswindinnoor dan kawan-kawan untuk padi 9G serta Dr Desta Wirmas dan kawan-kawan untuk sorgum rice memberikan solusi cocok tanam tanaman pangan selain di sawah.

Baca Juga: Pakar IPB Dukung Kementan Terapkan Pola Tanam IP400

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button