Nasional

Berbagi Pengalaman Pelayanan Publik Digital dengan Korea Selatan

INDOPOSCO.ID – Korea Selatan dikenal menjadi salah satu pionir dalam penerapan e-government di dunia. Kesiapan insfrastruktur maupun masyarakatnya dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, membuat Korea Selatan terdepan dalam mengimplementasikan transformasi digital. Kini, Indonesia kembali menjalin kerja sama dengan negeri ginseng itu untuk mempercepat implementasi pelayanan publik digital.

Di Indonesia, Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi salah satu produk pemerintah yang telah didorong untuk melakukan digitalisasi. Pusat pelayanan terintegrasi ini menjadi kesempatan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan berbagai pelayanan perizinan dan non-perizinan, tanpa harus menjalani birokrasi yang berbelit.

Potensi digitalisasi MPP disaksikan oleh Minister of Interior and Safety (MoIS) Korea Selatan Lee Sang-min saat berkunjung ke MPP Provinsi DKI Jakarta, pada Kamis (16/6).

“Seperti Indonesia, Korea pun terus berusaha memberikan layanan terpadu kepada masyarakat secara online. Kami terkesan dan senang menyaksikan MPP melayani berbagai pelayanan mulai dari pajak, perizinan, dan penerbitan paspor, hingga konsultasi investasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan melalui Digital Government Cooperation Center (DGCC) sejak tahun lalu.

Baca Juga: AS Ancam Korut jika Nekat Ujicoba Nuklir

“Kami berharap kerja sama ini dapat membuat kita saling berbagi pengalaman dalam memberikan pelayanan non-stop kepada masyarakat, dan menjadi momen untuk memajukan MPP kedepannya,” imbuh Menteri Lee.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button