Nasional

Vaksinasi Lansia di 3 Provinsi Pulau Jawa Masih Rendah

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap pada lansia di tiga provinsi di Pulau Jawa masih relatif lebih rendah dibandingkan daerah lainnya.

“Penting juga untuk berfokus pada perlindungan kelompok rentan. Salah satunya adalah lansia, meskipun kasus Covid-19 sudah reda, namun ancaman tersebut masih ada,” kata Wiku dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 per 2 Juni 2022 di Indonesia yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (2/6).

Wiku menuturkan ketiga provinsi dengan cakupan vaksinasi lansia terendah adalah Banten 68,9 persen, Jawa Tengah 67,4 persen dan Jawa Timur 64,1 persen.

Rendahnya cakupan vaksinasi dosis lengkap tersebut sangat berbahaya karena lansia menjadi salah satu kelompok yang paling rentan tertular Covid-19 beserta dampaknya yang sangat signifikan yakni gejala berat akibat penyakit bawaannya ataupun kematian.

Baca Juga: Jangan Kasih Kendor, Jokowi Dorong Vaksin Booster

Menurutnya, cakupan vaksinasi tersebut harus terus ditingkatkan guna memberikan proteksi seluas-luasnya kepada setiap kelompok masyarakat. Upaya lain yang dapat dilakukan juga adalah melakukan monitoring secara berkala pada antibodi tubuh terhadap virus di tengah masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button