Nasional

Kepala Basarnas RI: Maksimalkan Personel Yang Terbatas

INDOPOSCO.ID – Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan, saat ini pihaknya memaksimalkan personel yang terbatas dalam melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan jika terjadi kondisi membahayakan manusia.

“Personel kurang, sumber daya manusia atau SDM kita di Basarnas baru tercapai 40 persen, bisa anda bayangkan 40 persen,” kata Kepala Basarnas RI Henri Alfiandi di sela-sela kunjungan kerja di Kantor Basarnas Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (19/3/2022), seperti dikutip Antara.

Henri menyebut, setidaknya pihaknya membutuhkan sebanyak 10.000 personel di seluruh Kantor Basarnas se-Indonesia, namun hingga saat ini baru terpenuhi 4.000.

Meski personel masih terbilang belum mencapai 100 persen yang diharapkan, dia menegaskan bahwa tidak menghalangi atau menghambat dalam merespon ketika masyarakat membutuhkan pertolongan.

“Tapi tidak mengurangi kemampuan kita karena kita membina potensi- potensi SAR,” ujar dia.

Kepala Basarnas RI ini mengatakan, dalam mengatasi keterbatasan personel, pihaknya melatih potensi SAR dari berbagai kalangan, sehingga nantinya dapat membantu jajarannya di berbagai wilayah se-Indonesia jika terjadi kondisi membahayakan manusia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button