Nasional

Luhut: Jangan Latah Berlakukan Transisi ke Endemik

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia tidak perlu latah untuk memberlakukan kebijakan transisi dari pandemi ke endemik sebagaimana dilakukan negara lain.

Menurut Menko Luhut, meski pemerintah selalu belajar dari banyak negara untuk memahami, menganalisis, hingga menentukan langkah dan model terbaik dalam melihat perkembangan situasi pandemi, namun transisi akan dilakukan berdasarkan data dan prinsip kehati- hatian.

“Meskipun beberapa negara lain sudah mulai memberlakukan kebijakan pelonggaran untuk transisi ke endemik seperti Inggris, Denmark, hingga Singapura. Namun kita tidaklah perlu latah ikut- ikutan seperti negara tersebut,” kata Menko Luhut Pandjaitan dalam keterangan pers terkait hasil ratas PPKM yang ditayangkan secara daring di Jakarta, Senin (21/2/2022), seperti dilansir Antara.

Baca Juga : Menkes Janji segera Bayar Tunggakan Penanganan Covid-19 Rp 25 Triliun

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu menegaskan Indonesia akan melakukan transisi dari pandemi menjadi endemik secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan berbasiskan data indikator kesehatan, ekonomi dan sosial budaya, serta terus menerapkan prinsip kehati-hatian.

“Tadi malam panjang lebar diskusi ini dengan para pakar, epidemiolog maupun (pakar) kesehatan hingga kita sampai pada kesimpulan ini. Dan kami akan terus melakukan evaluasi status endemik ke depan,” kata Menko Luhut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button