Nasional

Vaksin Merah Putih Dekati Tahap Uji Praklinis

INDOPOSCO.ID – Perkembangan Vaksin Merah Putih yang diteliti oleh Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman sudah masuk tahap hilirisasi di PT Bio Farma dan semakin mendekati proses praklinis dan klinis.

Peneliti PRBM Eijkman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Tedjo Sasmono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini perkembangan Vaksin Merah Putih yang diteliti oleh tim mereka sudah dalam tahap hilirisasi di mitra industri, yakni PT Bio Farma.

Ia berharap, dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan uji praklinis dan klinis.

“Semoga vaksin COVID-19 karya anak bangsa ini bisa berkontribusi dalam penanggulangan pandemi dan menjadi wahana untuk kemandirian bangsa dalam riset vaksin,” kata dia.

Baca Juga: DPR: Vaksin Dalam Negeri Harus Meningkatkan Efikasi

Pelaksana Tugas Kepala PRBM Eijman Wien Kusharyoto menyebut riset vaksin COVID-19 dengan platform sub-unit protein rekombinan itu masih dalam proses pengembangan.

“Riset Vaksin Merah Putih masih berjalan, yang berbasis sel ragi atau ‘yeast’ dalam proses pengembangan lebih lanjut. Tingkat produksinya juga sudah sesuai dengan taraf yang diisyaratkan pihak industri, dalam hal ini PT Bio Farma,” ujar dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button