Nasional

Menkes: 400 Ribu Paxlovid untuk Obat Antivirus Covid-19 Tiba

INDOPOSCO.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan sebanyak 400 ribu obat antivirus Covid-19 buatan Pfizer, Paxlovid, sudah tiba di Indonesia dalam rangka menanggulangi pandemi Covid-19, terutama untuk mengantisipasi kebutuhan obat jika terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Pemerintah sudah mempersiapkan obat-obatan, Paxlovid 400 ribu tablet sudah datang, kami sudah lihat, rencananya juga akan diproduksi di Indonesia bulan Maret-April,” katanya dalam keterangan pers terkait hasil rapat terbatas tentang Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga sedang memroses untuk mendatangkan Paxlovid, yang diharapkan bisa tiba pada Februari 2022.

“Sehingga pada saat nanti terjadi lonjakan kasus Covid-19, obat-obatannya pun sudah siap,” katanya seperti dilansir Antara, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Menkes: DKI Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Hadapi Omicron

Menkes mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada pihaknya untuk memastikan obat-obatan itu bukan hanya tersedia di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) atau rumah sakit pemerintah, tapi juga tersedia di apotek.

Obat-obatan untuk penanganan Covid-19 itu, kata dia, akan dibagi dalam kategori yang bisa dibeli umum, yang harus dibeli dengan mendapatkan resep dokter dan hanya bisa diberikan melalui perawatan rumah sakit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button