Nasional

Ortu Korban Kekerasan Seksual Harus Berani Melapor

INDOPOSCO.ID-Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Nahar meminta orang tua yang mengetahui anaknya menjadi korban kekerasan seksual agar melaporkan kepada pihak yang berwajib.

“Hal ini penting karena tindak pidana kekerasan seksual memiliki dampak buruk jangka panjang terhadap masa depan anak,” katanya di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan kekerasan seksual adalah kasus kekerasan yang berdampak jangka panjang dan menghentikan kehidupan anak sehingga ini harus disadari bahwa dampaknya bukan main-main.

“Oleh karena itu pahami bahwa kejahatan ini, kejadian ini juga termasuk perbuatan yang dikategorikan dengan sebuah tindak pidana yang bisa diproses secara hukum, jadi paham dampaknya, lalu kemudian juga paham bahwa kejadian ini ada persoalan-persoalan yang bisa dimintakan pertanggungjawaban bagi siapa yang melakukan,” katanya.

Baca Juga : Apresiasi Polri Bentuk Satu Direktorat Kekerasaan Seksual Perempuan-Anak

Oleh karena itu, kata dia, penting bagi setiap keluarga dan anak untuk mengetahui tempat untuk melaporkan tindak pidana kekerasan seksual.

Dia mencontohkan terbongkarnya kasus Herry Wirawan terjadi berkat keberanian anak, orang tua dan dorongan lingkungan sekitarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button