Nasional

Reformasi Tata Kelola Pelayanan Dukung Transformasi Ekonomi

INDOPOSCO.ID-Transformasi digital dalam konteks reformasi tata kelola pelayanan menjadi salah satu langkah untuk mendukung tranformasi ekonomi. Pada tahun 2022 pemerintah menjadikan transformasi ekonomi sebagai sumber penggerak pemulihan nasional.

Inti dari transformasi digital adalah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan digital yakni smart services. “Optimalisasi dan digitalisasi tata kelola pelayanan yang terintegrasi dan mudah, menjadi syarat yang paling penting,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, saat menyampaikan amanat pada apel pagi di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (10/1).

Upaya transformasi ekonomi membutuhkan dukungan reformasi struktural guna menciptakan ekosistem yang kondusif. Dikatakan, salah satu manifestasinya yaitu transformasi berbasis digital dalam konteks reformasi tata kelola.

Ditegaskan, hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi seluruh jajaran Kementerian PANRB sebagai instansi yang diberi kewenangan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Dengan praktik birokrasi digital, diharapkan dapat menjadi bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang cepat dan prima serta menciptakan transparansi.

Baca Juga : BPKP Dampingi UI Wujudkan Penataan dan Transformasi Tata Kelola

“Untuk itu, di tahun ini diharapkan sistem pelayanan digital untuk pelayanan bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dapat lebih dioptimalkan dengan kolaborasi yang baik antarunit kerja, sehingga dapat menjadi single digital service platform untuk mengakomodasi kebutuhan pelayanan dari stakeholders,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button