Nasional

Bingung Cara Bayar Denda Tilang ETLE? Begini Caranya

INDOPOSCO.IDElectronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Banten adalah implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Pemetaan data kecelakaan menunjukkan keterkaitan antara tingginya pelanggaran dengan kecelakaan fatal yang terjadi.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten, Komisaris Besar (Kombes) Budi Mulyanto mengatakan, tilang elektronik cukup efektif dan bisa membuat pengendara menjadi tertib dengan aturan lalu lintas. Tilang elektronik juga dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Berita Terkait

Baca Juga : Pelanggar ETLE Sepanjang 2021 Berjumlah 17 Ribu

“Tilang elektronik ini cukup efektif dan bisa membuat pengendara menjadi tertib dengan aturan lalu lintas. Tilang elektronik juga dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” katanya, Minggu (9/1/2022).

Meski sistem ini sudah disosialisasikan dan diterapkan cukup lama, tapi masih ada sebagian orang yang bingung atau tidak mengerti bagaimana cara membayar denda tilang. Begini metode pembayarannya:

1. Bagi pelangggar yang terekam CCTV Polisi akan dikirim surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan via Pos Indonesia,
2. Surat tersebut menyertakan foto bukti pelanggaran,
3. Jenis pasal yang dilanggar,
4. Tenggang waktu konfirmasi,
5 .Link serta kode referensi,
6. Lokasi dan waktu pelanggaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button