Nasional

Ini Sepak Terjang Pengawasan Laut Bea Cukai Sepanjang Tahun 2021

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai sebagai instansi yang diamanatkan oleh Undang-Undang untuk mengamankan hak-hak keuangan negara memiliki peran yang cukup strategis dalam menjaga wilayah perbatasan.

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar terdiri dari perairan, merupakan tanggung jawab Bea Cukai untuk terus melakukan pengawasan laut yang dilaksanakan dalam bentuk patroli laut fiskal yang dilakukan dengan skema mandiri, terpadu maupun secara terkoordinasi.

Patroli laut Bea Cukai dengan skema mandiri merupakan kegiatan patroli laut yang dilaksanakan oleh satuan kerja vertikal Bea Cukai yang memiliki wilayah pengawasan laut dan dilaksanakan sepanjang tahun. Selain itu, Bea Cukai juga telah menggelar operasi patroli laut dengan skema terpadu yang dilaksanakan secara serentak. Operasi tersebut dikenal dengan sandi operasi patroli laut terpadu Bea Cukai Jaring Sriwijaya (JS) dan Jaring Wallacea (JW) yang terbagi menjadi dua periode di semester I dan semester II tahun 2021 dengan mengerahkan beberapa unsur Bea Cukai di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Baca Juga : Dukung Penuh Pembangunan Ekonomi Daerah, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Pemprov dan BPS

Pada pelaksanaan operasi JS dan JW tahun 2021, Bea Cukai telah berhasil melakukan 16 kali penegahan dengan beberapa penegahan yang menonjol antara lain terhadap sarana pengangkut KLM. Tohor Jaya di perairan Pulau Burung, Riau yang bermuatan 17 Kg narkotika jenis methampetamine dan 1.000 butir happy five yang dibungkus dalam kemasan teh China dan dimasukan ke dalam tabung gas untuk mengelabui petugas.

Selanjutnya operasi dengan skema lainnya Bea Cukai berhasil melakukan penegahan terhadap KLM. Musfita di perairan Natuna bermuatan sekitar 200 ton hasil hutan berupa rotan yang akan diselundupkan ke Malaysia dan penegahan terhadap kapal kayu oskadon bermuatan sekitar 200 Kg narkotika jenis methampetamine, 200.000 butir ekstasi dan 47.500 butir pil happy five di perairan Aceh Timur.

Selain komoditas di atas, komoditas yang berhasil diamankan dalam pelaksanaan operasi tersebut antara lain baby lobster, tekstil, hasil hutan berupa kayu teki, dan barang campuran lainnya.

Baca Juga : Bea Cukai Kudus Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button