Nasional

Bea Cukai Dukung Pelepasan Ekspor Nasional Serentak dari 26 Provinsi

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai turut hadir dalam acara pelepasan ekspor nasional serentak akhir tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan, Kamis (23/12). Kegiatan ini dilaksanakan di 26 provinsi secara hybrid yang berpusat di PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, menjelaskan bahwa secara keseluruhan ada 278 perusahaan, dan 54 diantaranya adalah perusahaan kategori UKM yang mengikuti kegiatan ini. “Total nilai ekspor mencapai 35,03 triliun rupiah, dengan ragam produk yang diekspor antara lain otomotif, batubara, minyak sawit dan turunannya, perikanan dan rempah-rempah, dengan negara tujuan ekspor tersebar ke 58 negara,” imbuhnya.

Baca Juga : Bea Cukai – Polri Ungkap Sindikat Narkoba Jaringan Malaysia

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini Indonesia mencatat prestasi untuk ekspor. ”Jumlahnya mencapai 209 miliar USD, dan ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2011 senilai 203,5 miliar USD. Ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak dan semoga menjadi tonggak baru dari sejarah Indonesia menjadi Indonesia yang maju dalam ekspor,” ujarnya.

Di Gresik, Bea Cukai Gresik turut hadir dalam kegiatan ekspor serentak tersebut, yang dilaksanakan di lokasi perusahaan PT. Mega Global Food Industry, di Kec. Driyorejo. Bea Cukai Gresik turut berperan dalam ekspor ini salah satunya dengan memberikan fasilitas kepabeanan berupa kawasan berikat. Selain itu program klinik ekspor turut memberikan kemudahan dan mendorong UMKM Gresik untuk berani memasarkan produknya di pasar ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button