Nasional

Kemenag Gagas Wisata Religi Candi Prambanan

INDOPOSCO.IDKementerian Agama menggagas untuk menawarkan paket wisata religi di kompleks Candi Prambanan yang berada di perbatasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Wisata religi ini sedang kami matangkan, saat ini masih berjuang untuk mewujudkan nota kesepahaman dengan pemangku kepentingan lainnya,” kata Direktur Urusan Agama Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama Trimo seperti dikutip Antara, Rabu (22/12/2021).

Menurut dia, diharapkan Candi Prambanan dapat menjadi pusat pengembangan nilai spiritual dan peradaban Hindu nusantara bagi dunia. “Candi Prambanan memiliki nilai-nilai spiritual yang luar biasa, untuk itu harus kita tunjukkan dan sebarkan agar nilai-nilai yang lahir dari spirit nusantara dapat menjadi inspirasi bagi dunia,” tuturnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus mengupayakan agar nota kesepahaman tersebut dapat segera terwujud. “Karena paket wisata religi itu akan mulai dilaksanakan ketika nota kesepakatan sudah ditandatangani,” tuturnya.

Ia mengatakan, instansi yang turut dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut terdiri dari beberapa kementerian. “Kementerian tersebut di antaranya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi serta lintas lainnya,” tuturnya.

Baca Juga : Untuk Tingkatkan Kunjungan, Pemprov Kepri Usung Tagar “2022 Pariwisata Aman”

Trimo mengatakan, diharapkan tahun depan paket wisata religi ini sudah bisa dilaksanakan. “Nantinya wisata religi ini juga memberikan ruang dan mendukung segala aktivitas baik dari budaya, aktivitas pasar dan aktivitas keagamaan dan aktivitas masyarakat di sekitar Candi Prambanan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button