Nasional

Ikuti Pelatihan KemenkopUKM, Kapasitas Keahlian Pelaku UMKM Naik 70 Persen

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebab sampai saat ini, masih ada kesulitan pelaku usaha dalam mengembangkan produk jualnya melalui digital.

Dengan menigkatnya kapasitas kemampuan pelaku UMKM, maka produksi dan pemasarannya akan berjalan dengan baik.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM, Hanung Harimba Rachman mengatakan, saat ini UMKM Indonesia menempati di posisi 107 dengan skors 0,718. Artinya kualitas indonesia kategori medium development.

Saat ini, penduduk pekerja didominasi dari lulusan diploma ke bawah hampir 40 persen. Dari penduduk yang bekerja didominasi pelaku UMKM. Data itu per 12 Agustus 2021.

“(Pelaku) UMKM di Indonesia yang memilki gelar sarjana 15 persen, sisanya sertifikat dan menengah ke bawah. Sekarang angka ini tidak banyak bergerak berubah,” katanya, Jumat (17/12/2021).

Ia menyebutkan, membangun UMKM dengan memberikan desain yang tepat termasuk dengan pelatihan secara efektif. Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) harus oleh ahlinya, tidak boleh belajar sambil latihan. Pelatiha yang digelar KemenkopUKM, dilatih langsung oleh orang-orang profesional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button