Nasional

Basarnas: Operasi SAR Dibuka Lagi Jika Ada Tanda-Tanda Korban Erupsi Semeru

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kemungkinan bakal membuka kembali operasi SAR erupsi Gunung Semeru, setelah resmi ditutup pada Kamis (16/12/2021) sore.

Kepala Kantor SAR Surabaya selaku koordinator misi pencarian dan penyelamatan (SMC) Hari Adi Purnomo mengatakan, operasi SAR awan panas guguran Gunung Semeru sudah berlangsung selama 13 hari.

Penghentian operasi tersebut, setelah melakukan evaluasi bersama seluruh Potensi SAR yang terlibat dalam operasi SAR, serta pihak keluarga korban yang belum ditemukan.

“Kami sepakat untuk menghentikan atau menutup operasi SAR,” kata Kepala Kantor SAR Surabaya selaku koordinator misi pencarian dan penyelamatan (SMC) Hari Adi Purnomo dalam akun Instagram @sar_nasional, Jumat (17/12/2021).

Ada beberapa pertimbang yang menjadi keputusan mengentikan operasi SAR tersebut. Salah satunya, ialah efektifitas pencarian korban yang kecil kemungkinan bertahan dalam seperti itu.

Selain itu, guguran awan panas sempat terjadi pada Kamis (16/12/2021) sekitar pukul 10.00 WIB cukup membahayakan dan membuat operasi dihentikan sementara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button