Nasional

Ketersedian Pangan Harus Dibarengi dengan Peningkatan Kesejahteraan Petani

Mentan dan Gubernur Jateng Dampingi Presiden

INDOPOSCO.IDFood Estate merupakan program yang menjadi harapan agar ketahanan pangan terwujud. Bahkan, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan, ketersedian pangan bagi rakyat Indonesia yang menjadi fokus utama juga harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan petani.

Hal itu disampaikan Mentan ketika mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau food estate sekaligus menanam bawang merah di Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Selasa (14/12). Selain Mentan, Presiden juga didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Baca Juga : Jelang Nataru, Pemkot Tangerang Lakukan Pengawasan Pangan

Ragam komoditas yang ditanam di lokasi food estate adalah bawang merah, bawang putih, kentang, dan cabai dimana total luas areal mecapai 339 hektar. “Di Kabupaten Temanggung, ada 339 hekter yang akan kita dampingi, didampingi oleh Kementerian Pertanian yang kita harapkan produktivitasnya meningkat,” terang presiden.

Presiden mengingatkan hal yang paling penting yang harus disiapkan adalah off taker dan kepastian harga. “Yang paling penting kita siapkan off taker yang membeli dari bawang merah yang kita tanam tadi sehingga kepastiang harga, kepastian yang akan membeli itu ada, agar tidak dipermaikan oleh para tengkulak,” katanya.

Oleh karena itu, Gubernur Jateng mengapresiasi langkah cepat Presiden yang langsung menelepon Menteri Perdagangan, meminta agar ada jalan keluar dari persoalan itu.

“Yang harus dibereskan hari ini adalah bawang putih, itu nomor satu. Karena impor kita masih tinggi dan ketika petani panen, harganya jatuh,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button