Nasional

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

INDOPOSCO.ID– Sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai untuk melindungi masyarakat dari barang berbahaya dan illegal, dan dalam rangka pelaksanaan operasi Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus dan Bea Cukai Batam berhasil melakukan penindakan atas peredaran rokok ilegal dengan berbagai modus beberapa waktu lalu. Berbekal analisa terhadap penjualan dan pembelian melalui e-commerce serta adanya laporan dari masyarakat Bea Cukai Kudus dan Bea Cukai Batam menindak lebih dari 700.000 batang rokok ilegal.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan bahwa penindakan kali ini cukup unik melihat modus baru yang dipakai para pelaku. Terdapat modus berjualan rokok ilegal dengan menggunakan jasa e-commerce yang secara terang-terangan dilakukan.

“Penindakan kali ini berdasarkan informasi masyarakat atas adanya penjualan dan pembelian melalui e-commerce. Dari hasil analisis tersebut, pada Hari Jumat (26/11) pukul 18.30 WIB diperoleh informasi akan adanya pengiriman rokok yang diduga ilegal dari Jepara yang akan dikirim melalui jasa pengiriman. Selain itu, di wilayah lain juga Bea Cukai kembali menindak sebuah kapal pancung tanpa nama yang mengangkut rokok ilegal,” ungkap Firman.

Di wilayah Kudus, tim yang mengetahui adanya pengiriman langsung bergerak menuju kantor jasa pengiriman yang dimaksud. Dari hasil pemeriksaan, tim menemukan satu karton dan 300 paket rokok ilegal berbagai merk, dengan rincian berisi 143.000 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai dan 24.800 batang rokok ilegal dilekati pita cukai palsu. Perkiraan nilai barang rokok ilegal tersebut Rp 163.518.000 dan potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 105.667.538

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button