Nasional

Lewi’s Organics dari Indonesia Dinobatkan Sebagai Inclusive Business Awardee pada ABA 2021

INDOPOSCO.ID – Pelaku usaha usulan Kementerian Koperasi dan UKM Lewi’s Organics (PT Profil Mitra Abadi) yang mengembangkan bisnis inklusif dengan menghasilkan produk dengan cara bekerja sama secara langsung dengan petani, UMKM, dan komunitas lokal di seluruh Indonesia dinobatkan sebagai Inclusive Business Awardee pada ABA 2021.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya Kamis, 2 Desember 2021, menyampaikan apresiasi atas The ASEAN Business Awards (ABA) 2021 yant telah diselenggarakan pada 30 November 2021 dimana Brunei Darussalam bertindak sebagai host.

“Kami menyambut baik PT Profil Mitra Abadi (PMA) yang merupakan produsen dan eksportir produk bahan makanan dan snack organik yang berpusat di Tangerang Selatan ini bisa meraih Inclusive Business Awardee pada ABA 2021,” kata Teten.

Baca Juga : MenKopUKM Tekankan Pentingnya Implementasi Tujuh Nilai Dasar ASN

The ABA telah diselenggarakan selama lebih dari 10 (sepuluh) tahun dimana bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi pelaku usaha yang telah berkontribusi secara signifikan di kancah ASEAN.

Penghargaan dinominasikan melalui konsultasi dengan ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small and Medium Enterprises (ACCMSME) dan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Adapun salah satu kategori yang diumumkan pada acara tersebut adalah Inclusive Business (IB) Award. Penghargaan tersebut menyoroti contoh best practice dari model usaha yang dirancang tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tetapi juga peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemecahan masalah kemiskinan melalui perluasan keterlibatan masyarakat miskin/base of pyramid (BOP) untuk masuk rantai nilai.

Baca Juga : MenKopUKM Dukung Etalase Digital Produk UMKM ber-SNI untuk Dongkrak Daya Saing

“Pengembangan bisnis inklusif membuka peluang yang sangat besar dalam memutar roda perekonomian. Bisnis inklusif menjadi topik yang hangat baik di tingkat nasional maupun ASEAN. Saat ini, dalam forum ACCMSMEs pun terdapat beberapa project yang mendorong tumbuh kembangnya bisnis inklusif,” katanya.

The ABA Judges telah memilih 10 (sepuluh) IB Awardees/pemenang dari setiap negara ASEAN. Sebagai perwakilan dari Indonesia, Lewi’s Organics (PT Profil Mitra Abadi) telah terpilih sebagai IB Awardee.

“Penghargaan IB Award ini tentunya menjadi bentuk dukungan Kementerian Koperasi dan UKM selaku focal point ACCMSME Indonesia dalam mendorong semangat dan pertumbuhan ekonomi melalui inclusive business,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button