Nasional

Tak Lelah Bantu Korban, Kali Ini Mensos Datangi Banjir Bandang di Garut

INDOPOSCO.ID – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tampaknya tak lelah membantu korban bencana. Di hari libur akhir pekan pun, Risma, sapaan Tri Rismaharini tetap melakukan aktivitas kunjungan kerja sampai pada Senin (29/11/2021) malam.

Dimulai pada Minggu (28/11/2021) di Jember dan Malang, Jawa Timur (Jatim), Mensos kemudian bergerak menuju Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada sore harinya. Dan Senin (29/11/2021) malam, Mensos telah tiba di Kabupaten Garut, Jabar untuk melihat dari dekat dampak bencana banjir bandang.

Di lokasi banjir bandang Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Risma langsung menuju titik bencana di tepi Sungai Ciloa. Didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Kadinsos Garut Ade Hendarsyah dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Mensos menyaksikan rumah warga yang rusak diterjang banjir bandang.

Baca Juga : Kemensos Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas di Bangli

Di tepi Sungai Ciloa, Risma dan jajaran pejabat daerah tersebut mendiskusikan tentang bagaimana mengantisipasi bencana susulan yang berpotensi masih akan terjadi. Antisipasi diperlukan untuk mengurangi kerugian sebagai dampak bencana baik jiwa maupun materi.

Ya nauzubillah , jangan sampai ada bencana susulan. Tapi kita tetap wajib mengantisipasi bila itu terjadi. Ada beberapa titik di sini yang bila bencana susulan dikhawatirkan akses warga akan terputus. Untuk itu, kami akan dirikan lumbung sosial,” kata Mensos di lokasi banjir, Senin (29/11/2021).

RIsma menyatakan, lumbung sosial diperlukan untuk memastikan masyarakat di lokasi bencana tetap bisa mengakses kebutuhan dasar –meskipun akses transportasi terputus. Dalam lumbung sosial tidak hanya diisi kebutuhan pokok seperti beras dan bahan makanan lain, namun bisa juga genset, tenda, kebutuhan dapur, perahu karet, BBM, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Berbincang Tertutup, Mensos Risma Semangati Anak Korban Pelecehan di Malang

“Jadi isinya tidak hanya kebutuhan pokok. Tapi juga ada peralatan yang diperlukan masyarakat untuk menunjang kehidupannya dalam kondisi bencana,” kata Mensos. Lumbung sosial sudah berjalan di beberapa kawasan bencana di tanah air.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button